Pengalaman SKB CPNS


ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Sebelumnya, SELAMAT untuk yang telah lulus PG SKD CPNS tahun ini dan TERSENGAT untuk yang sedang dan akan berjuang.. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Jujur sebenernya sangat bingung dan merasa sangat tidak mumpuni ketika berkali-kali ditanyakan soal ini.. Tapi sejak tahun lalu, selalu ada saja yang bertanya dan minta share mengenai hal yang sama.. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Rasanya pingin balas "Nanti tak kirimi nomer teman yg nilainya luar biasa maa syaa Allah ya, kalo saya yg kasih tips, salah alamat 😅" 
Gitu. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Tapi takut dianggap sombong & pelit, kan na'udzubillah ya.. Apanya yg mau disombongkan? Nilai TKP yang pas²an diambang batas itu? 😅
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Jadi cuma bisa jawab dg Jawaban yg selalu sama: 
👉 "Jangan lupa sholat malam ya"
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kenapa sholat malam? Bukan fokus ke belajarnya dulu?
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Karena  لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ  Tiada daya dan upaya kami selain karena pertolongan Allah SWT..
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Bayangkan, dulu belajar untuk SKD hanya beberapa bulan sebelum tes, sebelumnya selama 4 tahun hanya fokus mengurus anak dan rumah tangga, mana tau pegang buku dan pena..
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Saat tes SKB apalagi, karena ambil kementerian agama, jadi isinya:
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
👉 Pertanyaan² psikotes, wawancara seputar hafalan Qur'an dan pengetahuan agama, juga microteaching~ sesuai formasi yg diambil: Guru. (padahal gak pernah satu kali pun ngajar karna bukan dari jurusan pendidikan).
-Kalo daftar diluar kementerian, SKB nya tahun lalu masih mengerjakan soal CAT seperti saat SKD, hanya saja soalnya lebih fokus ke bidang masing² formasi yang diambil-
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
✍️ Nah di SKB ini (khususnya yg ambil kementerian), perbanyak juga latihan skill bahasa dan komputer, minimal semua Microsoft diluar kepala, ada nilai lebih untuk itu (Tahun lalu juga di uji mengajar pakai bahasa asing, alhasil coba ngajar pakai bahasa Inggris dan bahasa Prancis, padahal belajar bahasa prancisnya duluuuuu saat SMA, Alhamdulillah masih ada yg nyangkut dikepala) 😅
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Ingat betul, sejak beberapa bulan sebelum pembukaan formasi CPNS dibuka, mama sudah berkali-kali mengingatkan kami untuk rutin sholat malam.. Karena mama gak pernah putus sholat malam turut mendoakan, begitu juga mamak mertua dikampung yang diam² sampai meminjam buku panduan sholat malam sama tetangga agar bisa menunaikan sholat malam dengan sebaik-baik tuntunan dan bacaan..
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Jadi tips ini datang bukan dari kami pribadi: tapi dari ke-2 bidadari kami (Mama dan Mamak):
Apa tipsnya?? Ya itu tadi:
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
👉 *Rutinkan sholat malam*
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
"Kalau ingin Allah memperbaiki hidupmu, maka perbaiki sholatmu.. Mengalah untuk bermunajat dan belajar LEBIH saat orang lain terlelap tidur.."
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Nah, sholat malamnya apa saja? Masing-masing berapa rakaat? Ntar bisa dibaca selengkapnya dibukunya suami bareng teman-teman Latsar CPNS Kemenag Gol III Tahap I BDK Palembang
angkatan 3 deh, disitu lengkap beliau ulas mengenai ini, kalo dijabarkan disini gak muat space-nya 😉
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
👉 Setelah sholat malam, sambil nunggu adzan subuh, bisa belajar hafalan materi, juga berlaku untuk ujian apapun-> ini waktu terbaik untuk belajar, disaat otak masih segar-segarnya, an alpha state kan ya istilahnya..
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Tips lainnya?
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
👉 Sering-sering latihan soal yg berseliweran di YouTube dan TELEGRAM (FR dari grup² telegram ini banyak membantu sekali untuk menentukan point² yang perlu dipelajari agar belajarnya gak melebar kemana-mana).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
SKD tahun ini dengar² passing grade diturunkan dan lebih banyak total nilai diatas 400 ya, maa Syaa Allah.. Tapi jangan kepikiran top score dulu, fokus saja untuk belajar, maksimalkan ikhtiar..
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Tips lainnya lagi?
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
👉 Jangan lupa minta doa restu orangtua.. Juga jangan pelit dzikir sambil mengerjakan soal² seleksi..
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Karena seleksi CPNS bukan soal Antangin atau tolak angin. (Eh) maksudnya, bukan soal pintar atau Bejo semata.. Tapi juga soal do'a dan ikhtiar.. Jangan ada bagian yg dikurangi.. "Tak ada yang dapat menolak qadha (ketetapan Ilahi) kecuali do'a yang mustajab" (HR Tirmidzi).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Sisanya tinggal berserah. Hanya Allah yg tau mana yg terbaik untuk kita.. Kalo lulus, bersiap dengan banyak step lainnya di depan sana. Kalo belum lulus? Bisa coba lagi tahun depan, atau mungkin Allah punya jodoh pekerjaan yang lebih baik lagi di depan sana. 
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Percaya deh, jadi ASN juga gak seindah pelangi kok 😉 Apalagi kalo niatnya mau cepat kaya, jangan coba-coba jadi PNS, jadi aladin saja. Karena jadi pegawai negeri berat sekali cobaannya, HARUS kuat-KUAT iman. Ngeri kan ya..
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Akhirnya, lunas sudah.. Semoga bermanfaat..
Kami do'akan teman-teman yg sedang mengikuti seleksi tahun ini lulus semua dengan nilai memuaskan.. Aamiin ya mujibassaailiin..
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
63 Months of love, buat kita berdua masih panjang perjalanan menuju ujian² kehidupan lainnya ya mas.. Do'aku, semoga kita selalu Istiqomah dan bahagia sehidup sesurga_NYA, aamiin Allahumma aamiin.. 🙏😇

0 Response to "Pengalaman SKB CPNS"

Post a Comment

Most Popular

Pengikut