PERTANYAAN PASCA PERNIKAHAN



Teringat obrolan sama Mamak mertua di Sekampung:
💭💭💭

Mamak: "Nduk, sekarang mamak seneeeengg banget udah jadi nenek2.."
Me: "Kok gitu Mak?"
Mamak: "Iya nduk, kalo udah jadi nenek2 itu, udah lengkap perasaan hidup di dunia..
Dulu, kalo baru nikah, ditanya "Kapan punya anak?", udah punya anak ditanya " Kapan anaknya lulus sekolah?", udah lulus sekolah ditanya "Kapan anaknya wisuda?", udah wisuda ditanya " Kapan punya mantu?", udah punya mantu ditanya "Kapan punya cucu?" Nah, kalo udah punya cucu udah lengkap nduk.. Gak ada yang nanya2 terus lagi.. Mamak ngerasa udah lengkap.. Lega.. Kamu yang sabar ya nduk kalo diusilin pertanyaan2 kayak gitu.."
Me: Ngangguk2 trus Bengong sambil mikir kemana2..
📎📎📎
***
📋

Benar kata Mamak.. Begitulah hidup.. Gak pernah ada habisnya kalo dengerin kata 'orang'.. Karna keinginan manusia itu gak ada PUASnya, walau bisa diCUKUPkan, tetap penilaian orang lain gk akan ada habisnya..


Ya, serius, pertanyaan2 dari orang lain tentang kehidupan ORANG LAIN gak akan pernah ada habisnya, bahkan sejak kita dilahirkan ke dunia..
😮

Bayi baru lahir:
"Kapan ya kamu bisa melihat?" pas udah bisa melihat:
"Kapan ya kamu bisa makan?" pas udah bisa makan:
"Kapan ya kamu bisa merangkak?" pas udah bisa merangkak:
"Kapan ya kamu tumbuh gigi?" pas udah tumbuh gigi:
"Kapan ya kamu bisa berjalan?" pas udah bisa jalan:
"Kapan ya kamu bisa sekolah?" Pas udah sekolah:
"Kapan ya kamu lulus sekolah?" pas udh lulus:
"Kapan kamu diwisuda?" pas udah diwisuda:
"Kapan ya kamu kerja?" pas udah kerja:
"Kapan ya kamu nikah?"
😆

Itupun gak hanya semulus pertanyaan besar itu aja, masih ada banyak pertanyaan2 kecil lainnya yang akan terus ditanyakan diantara setiap pertanyaan Besar lainnya. Misal soal pekerjaan:
💻💻

"Kok kerjanya gak sesuai bidangnya sih?
"Kamu lulus sarjana kok cuma kerja begini sih?"
Ada yg kerja di pemerintahan misalnya, juga ditanya:
"Kamu tau gak sih, gaji PNS itu kecil, kerjanya banyak korupsi waktu, kok mau jadi PNS sih?" ~Ada Istri yang gak kerja:
"Kok kamu jadi ibu rumah tangga aja sih? Kan sayang ijazahnya, ngapain kuliah tinggi2 kalo ujungnya gak dipakai!", buat ibu yang bekerja:
"Kamu tuh gimana sih, kok anak ditinggal sama pembantu? Mending anakmu dididik sama kamu yang S1 daripada dididik sama pembantu!"
😐

Atau saat mau nikah:
"Kok kamu gak pacaran dulu sih? Gimana nanti kalo calon suamimu itu jahat?", atau
"Kok pernikahannya sederhana banget sih? Ini tuh waktunya kamu nurut menuhin permintaan terakhir orangtuamu sebelum kamu harus nurut sepenuhnya sama suamimu lho!"
~yang nikahnya di gedung:
"Nikah itu gak harus mewah, yang penting akad kan", kalo nikahnya dirumah:
"Kamu tuh gimana sih, udah tau rumahnya gak memungkinkan buat kumpul orang, malah maksa nikah di rumah",
atau:
"Gimana sih, kok gak ada foto pra wedding?". Buat yang foto pra wedding:
"Foto pra wedding itu haram tau, nanti aja puasin foto pasca wedding, kan udah halal"
Pas udah halal:
"Kok kamu foto sama suamimu terus sih?" 😰😆

Atau kalo nikah gak ngundang2:
"Kok gak ada kabar tau2 udah nikah sih? Kan bisa ngundang di sosmed, Hamil diluar nikah ya?"
Kalo udah nikah tapi belum hamil:
"Kok belum hamil sih? Gak KB kan??"
Buat yang langsung hamil:
"Kamu gak hamil sebelum nikah kan? Kok cepet banget?? beneran hamil setelah nikah kan??"
😑

Itu baru sampai nikah secara garis besar, belum lagi saat kita udah punya anak, siklus pertanyaan akan terus berulang.. Pun tentang gaya hidup, gak akan berenti dari komen dan komplain dari orang lain..
"Kamu Beli ini donk"
"Kamu harus punya ini"
"Masa kamu belum punya 'ini' sih? Ini tuh penting banget lho!"
"Orang berumah tangga itu harus punya ini, ini, ini"
bla..
bla..
bla..
😯
***
💑

2 tahun 1 bulan pernikahan, kita pun gak terbebas dari pertanyaan2 seperti tadi.. Meski gak pernah sampai se-parah pertanyaan2 diatas, karna beberapa sudah kita rencanakan matang2, misalnya tentang gak pacaran sebelum menikah, kumpulin dulu ayat & hadist tentang haramnya pacaran dan periode2 pendekatan saat khitbah hingga menjelang pernikahan. Lalu mengenai undangan pernikahan, kita buat undangan offline maupun online ((karna Al-Qur'an menyebutkan bahwa pernikahan adalah kabar gembira, dan lebih banyak mudharatnya jika disembunyi2kan (HR. al Albani dalam “ Al Irwa’, HR. Muttafaq Alaih, HR Ahmad dan Tirmidzi, HR Ummu Salamah ra)), kemudian Bunda juga diam2 berdo'a semoga tidak langsung hamil setelah nikah agar terhindar dari fitnah (Alhamdulillah hamil Naira setelah 3 bulan pernikahan),
de-el-el..
de-el-el..
💕

Tapi pertanyaan2 dari orang lain, selamanya dalam bentuk apapun memang gak akan pernah ada habisnya, dan rata2, pertanyaan itu bukan hanya untuk membangun semangat kita, tapi juga untuk melemahkan kita, sebab orang yang peduli terhadap kita biasanya gak akan sekedar banyak bertanya dan bicara.. Ia akan ikut senang melihat kebahagiaan kita, dan turut mendo'akan kita, bukan sekedar USIL berkata2..
😶

Jadi.. Ngapain denger apa kata orang lain jika itu hanya akan menurunkan kualitas kebahagiaan hidup kita? Hiduplah seperti apa adanya KITA.. Utamakan pemikiran 'Apa kata Allah' di atas 'apa kata orang lain'. Minimalkan semua KATA ORANG dengan pemahaman2 kita. Bahagiakan diri kita dan orang lain, kalo gak bisa? Minimal jangan menyakiti orang lain karna ucapan2 kita..


Tenang Mak, Pak.. Ma, Pa.. In syaa allah kami sudah siap dan mempersiapkan pernikahan kami ini matang2.. Dan In syaa Allah kita gak akan pernah goyah hanya karna ucapan2 orang lain.. :) Terimakasih untuk semua kesabaran, kesederhanaan dan pelajaran hidup yang tak pernah ada habisnya..
💙💜💙

We love you Ma, Pa, Mak, Pak.. :*

link asli --> https://m.facebook.com/photo.php?fbid=1374176132595627&id=100000097609643&set=a.665278230152091.1073741828.100000097609643&source=56&ref=bookmarks

0 Response to "PERTANYAAN PASCA PERNIKAHAN"

Post a Comment

Most Popular

Pengikut